AHM, kenapa PCXnya?


mengutip dari blog P2R (http://proud2ride.wordpress.com/2011/10/06/ahm-catat-rekor-penjualan-baru-pada-bulan-september-press-release/)…
quotenya seperti ini
“Di segmen skutik ini, Honda BeAT tercatat sebagai penyumbang terbesar dengan angka penjualan 92.508 unit, diikuti dengan Honda Vario Series yang terjual sebanyak 83.662 unit, Honda Scoopy 22.810 unit, dan Honda PCX 263 unit. Skutik terbaru Honda yaitu Spacy Helm in pada bulan lalu terjual sebanyak 28.811 unit.”
“Penjualan model flagship Honda di segmen motor sport yaitu Honda CBR Series juga cukup sangat positif. Honda CBR150R pada bulan lalu terjual 1.613 unit sedangkan Honda CBR250R terjual sebanyak 1.131 u<a href="Penjualan model flagship Honda di segmen motor sport yaitu Honda CBR Series juga cukup sangat positif. Honda CBR150R pada bulan lalu terjual 1.613 unit sedangkan Honda CBR250R terjual sebanyak 1.131 unit.”

ane cuma heran… kenapa PCX penjualannya hanya segitu ya?
pdhal menurut rekan2 ane yg tergabung di club pcx… beli pcx tu susah.. mesti indent 1 bulan.. dan untuk warna tertentu (putih) sampai 3 bulan.. lebih parah lagi ada yang mesen dari bulan juni, baru ada desember nanti [kata dealer].
untuk antrian indent pcx sendiri sudah dua puluhan [aku salah satu orang honda].

lantas.. kenapa penjualan PCX hanya 263 unit dalam sebulan? padahal permintaan pasar sudah cukup baik.. buktinya indent dimana-mana.. apa krn pemesanan AHM ke honda thailand sedikit? atw terbatas krn honda thailand kewalahan memenuhi produksi PCX sebagai produk global?

tapi CBR series baik-baik aja koq… penjualan sampai 1000 lebih.. dan 2 varian lagi… sama2 produk global kan? sama-sama CBU dari thailand kan..
ane perhatikan juga, promosi AHM pada PCX sangat minim.. jauh berbeda dengan CBR.. ada apa sebenarnya?

sangkin susahnya meminang PCX.. ada beberapa rekan yang mencari ‘rondonya’ agar bebas dari indent.. fiuh, sesuatu banget gak siiiih…
[post dadakan :P]

Advertisements

19 responses to “AHM, kenapa PCXnya?

  1. Mungkin ada masalah di Thailand..

    Kayak cbr 250 dulu.

    Sabar aja deh..hahahaha

    Itulah nasibnya di negara yg aparatnya jadi preman berseragam..

    Tp ada untungnya juga sih…
    Bikin SIM nggak perlu tes..hahaha..

    Polisi: simnya mau tes atau yg langsung foto Pak?

  2. bukannya bulan2 kemaren semua motor CBU Honda emang ada kendala distribusi dari Thailand bro?
    gak cuma PCX kok, CBR seriespun beberapa bulan lalau juga susah ngedapetinnya.
    indentnya juga puanjang banget

  3. saya rasa permintaan matic premium seperti PCX memang tidak banyak. karena dari segi harga,, harga PCX sendiri bisa 2x lipat harga matic yang pada umumnya. apalagi dengan cc yang tidak beda jauh. pcs adalah motor matic premium yang mahal. inilah image yang saya dapat.

    dan perbandingan dengan cbr rasanya juga tidak tepat. saat cbr resmi honda belum beraksi pun, cbr lama bertebaran, dan bahkan banyak “copy”annya. “membuat pemakainya merasa gagah, keren, dan tentunya bangga” inilah image yang dibawa oleh sebuah motor sport. hal ini yang semakin menjadi saat cbr di ‘indonesiakan’ oleh ATPM resmi. dari segi harga? tentunya mahal, jangan ditanyakan lagi. namun semuanya tertutupi oleh image yang didapat.

    dan rasanya ATPM lebih mengerti akan hal ini, karena itu untuk penjualan motor premium yang di-boost- adalah motor yang penjualannya lebih menjanjikan dari segi permintaan pasar tentunya.

    sample lain jika masbro lihat ke penjualan motor2 impor di jl. panjang. umumnya yang terpampang disana adalah motor sport, cbr 250. dan bukanlah seri matic. mengapa? karena pasar yang laku adalah seri ini. konsumen lebih rela merogoh kocek lebih untuk mendapatkan image yang saya sebutkan diatas.

    dan jika namanya ada permasalahan distribusi, rasanya jumlahnya tak akan terlalu timpang seperti itu dalam perbandingannya antara cbr dan pcx sebagai sesama motor impor.

    • kalau memang pcx sepi peminat.. knp sampai indent 3 bulan?
      kan harusnya AHM memesan PCX sedikit lebih banyak, sehingga indent maximal 1 bulan…

      soal promosi.. memang untuk harga mahal, matic kalah pamor dgn cbr.. tapi di tahun pertama PCX meluncur, saat CBR belum ada.. knp ga ada promosinya juga? kan di tahun 2010, PCX-lah satu2nya motor premium honda.. seperti ga niat jualan..
      saya sebagai pengguna PCX hanya khawatir kalau nanti nasib PCX sama seperti Phantom ga ga jelas lounching-nya kapan, promosi kaga ada, dan sudah tidak dijual lagi…

  4. makin sedikit makin exclusive mas bro. Ane rasa ketersediaan spare part gak perlu ragu, soalnya sparepart ne motor kan inden semua, so.. Kelangkaan sparepart tergantung dari si thailandnya, selama PCX di thailand masih ok penjualannya, berarti sparepartnya nasih ok juga

  5. klo ga slah kan target perbulan kan emang segitu 260an..mgkin dr sanany juga hanya bisa ngasih sgitu kan produk global..

  6. Dengan munculnya Vario125 yang bawa segudang fitur, orang sekarang bisa banding-banding, dan kesimpulannya aku yakin hampir sama : PCX overprice

    • overprice… dilihat dari sisi apa.. dia punya saingan tidak? logikanya ya harus ada pembanding, misal pabrikan lain ngeluarin bigscoot juga.
      bandingin sama vario125? lah vario125 kan bukan build-up… n cuma sama cc-nya aja.
      vario125 bareng sama xeon n hayate tu bang boss πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s