Ketidak-Sempurnaan PCX


Setelah cukup lama menggunakan si Pica alias Honda PCX ini, baru ane berani post tentang ‘ketidak-sempurnaan’nya.. kenapa bukan kejelekannya? coz bagi ane hal2 yang bakal ane sebutkan, bukan jelek, masih bisa ditoleransi bahkan diabaikan..
tujuan posting ini bukan mencari kejelekannya, cuma… yaa biar pemilik atw calon pemilik honda PCX siap lahir batin meminangnya.. ga gundah gulana, protes sana-sini, bulak-balik AHASS tapi keluhan ga hilang2.. dll.. huhuhu

yang namanya barang buatan manusia, pasti ga pernah sempurna.. tiada gading yang tak retak.. justru kalau terlalu sempurna.. kasian modifikator dong.. ahahaha

to the point aja ah.. setelah Odometer si Pica menunjukkan 10.000 lebih.. berikut hal2 yang menganggu:
1. stang bergetar hebat
2. cvt bunyi grek2
3. rem belakang berdecit
4. shock belakang terlalu empuk
5. polisi tidur gesrot
6. inden 3 bulan

ahaahahha banyak ya, ga ah, ga sampe 10 koq.. btw point 5 dan 6 ga masuk itungan deh.. itu kan bukan salahnya PCX, tapi keadaan di negeri kita aja yang begini.. hehe

mari bahas satu per satu 😀
1. stang bergetar.. motor mana sih yang klo mesin hidup ga bergetar.. eits, tunggu dulu.. ini getarnya beda broo.. begitu gas di plintir.. bergetar hebat, tapi setelahnya getarnya hilang.. getarnya cuma keluar di 1st trottle alias di tarikan awal doang.. pada keadaan normal sih ga ganggu.. tapi klo lagi macet, stop n go.. wuih, dijamin kesemutan deh tu.. kondisi ini, ane alami setelah selesai servis perdana.. tapi rekan2 pcx lain, ada yg geternya pas PCX di antar kerumah.. nah lo, kenapa ya…

solusi, tetap ada tapi.. keluar extra budget dong.. ya mw gmn lagi.. udah cinta sama si Pica, apapun dilakukan :D.. beli stabilizer berupa jalu stang, n bar. klo masih kurang, ganti rumah roller [puley].. cari yang isi rollernya 9 bahkan 12.. dijamin tanpa stabilizer, ga geter lagi deh 😀
ane pakai puley yang isi 12.. niat awal biar kenceng doang, eh ternyata geternya hilang 😛

2. CVT bunyi grek2.. sebenarnya ini krn kotor saja.. krn debu dan lumpur.. tapi tapi tapi.. krn penanganan ga bener aja sih.. coz di cover cvt PCX ini [ga tw deh matic lain] ada celahnya di bagian bawah.. gunanya untuk sirkulasi.. biar debu2 bisa keluar..
nah lo, debu keluar, koq masih jadi masalah? krn kena air, mungkin tanpa sengaja, saat mencuci PCX, bagian ini tersiram.. jadi dalemannya basah deh.. ga masalah sebenarnya, tapi debu2 yang ada, jadi basah.. dan menempel deh.. lama2 jadi kerak, mengeras.. bunyi deh.. huhuhu

solusi? buka cover cvt, bersihkan! ahahahahaha, simple yak.. dan jangan di siram lagi tentunya..

3. rem belakang berdecit.. jujur, ane kurang ngerti masalah ini, pasalnya rem belakang PCX tromol, klo cakram pasti tau lah berdecit kenapa.. huhu..
tapi, sepengalaman ane, rem ini berdecit dalam keadaan dingin saja.. saat selesai dicuci, hujan, atw lama di parkiran.. klo dah panas alias sering dipakai remnya, decitnya hilang… begitu parkir agak lama, pakai lagi.. berdecit lagi.. huhu, ada yang bisa kasih masukan?

solusi, saat ini, sementara standar 2 saja dulu, gas rem gas rem sampai decitnya hilang.. keliatan aneh? ya jangan dipraktekan di tempat umum lah.. ahahaha

4. shock belakang terlalu empuk… ini, shock ini.. ane sangat sangat puas.. ga ada masalah.. boncengan sambil bawa barang2 mudik pun ga kenapa2.. top markotop..
lalu, kenapa jadi masalah? bukan ane yg ngeluh, tapi temen2 yang lain.. mereka bilang, shocknya terlalu empuk, berasa limbung, ga stabil, dll dsb.. mereka2 pada ganti shock Yss, baik yg standar maupun yang pakai tabung.. alasannya, krn lebih keras.. *tepok jidat*.. hihi

solusi.. ya.. bagi yang ga puas, ganti shock.. yss mahal? pakai yang sky-wave.. masi mahal? pakai punya mio.. mahal juga? pakai punya spin.. itu dah paling murah.. terbukti rekan2 pcx ane pada make ‘gituan’.. hehehe

5. polisi tidur gresot, biar ga masuk itungan, tp gpp lah dibahas.. sebenarnya jarak ‘ground clearance’ PCX cukup tinggi.. ane cuma bisa bandingin sama motor2 yang pernah ane miliki doang.. jupiter, SatriaF, dan Xeon.. di komplek ane.. antara 4 motor ini, yg gesrot polisi tidur cuma satriaF dan xeon.. kudu ganti ban lebih tinggi baru aman.. sedangkan PCX, aman2 aja tuh pakai ban standar.. ane dah boncengan juga tetep aja aman.. tapi.. tetep, rekan2 lain mengeluh.. entah karena poldur daerah mereka lebih tinggi, atw krn hal ‘lain’.. hehehe

solusi.. ganti shock,atw tambah ring.. bisa juga ganti ban yg lebih tinggi 1 nomor. solusi terbaik… turunkan berat badan.. buahahaaha

6. indent 3 bulan.. ini sih, ga tw bilang.. coz, ga semua inden.. ada yng ready stock, ada yng nunggu seminggu, sebulan, beda2 deh.. ane sih, pesennya jumat, senin dateng 😛
tapi khusus untuk yang berdomisili di Jakarta dan Bandung, mungkin rekan ane bisa bantu untuk mempercepat inden..

itu aja deh kayanya keluhan2 pengguna PCX..
kelebihannya, masih perlu dibahas? hehehe

kalo ada masukan, silahkan 😉

39 responses to “Ketidak-Sempurnaan PCX

  1. wah itu bukan ketidaksempurnaan bro… tapi kekurangsempurnaan 🙂
    segitu mah dah manteb banget bro.
    toh tidak ada yang sempurna kalo masih buatan manusia… tul ndak?

    btw pcx pajak tahunannya berapa duit masbro… ane minat nih ma pcx…
    lagi itung-itungan pajak progresifnya nih… bikin pusing
    kalo kelewat dari batas ya… mau ndak mau yang dipindah tangan dulu yang lainnya
    sebelum boyong ni pcx 🙂

    • iya ya.. kurang sempurna.. tapi ketutup lah sama kelebihan2 lain…
      pajak? wuih baru ini nemu calon pembeli mikir pajak.. xixixi

      udah jual aja yg lain, dijamin ga kepake.. yg pada punya ninin aja dijualin, coz berdebu dianggurin 😛
      kurang lebih 410rb bro.. tapi itu di kota besar.. coz rekan pcx di cianjur, cm bayar 270rban klo ga salah ingat ya.. hehehe

  2. kalo stang bergetar emang solusi ganti roller mas bro,, kalo gak pake Jcosta coba aja merek polini.. Shock terlalu empuk itu bukan kekurangan, itu malah kelebihan PCX.. PCX kan di desain buat nyaman mas bro.

    Ngomong stabilizer stang PCX emang bisa ngurangin getaaran ya??

  3. iya mas bro shocknya bunyi gressokk kayak kena seseuatu. Tadinya saya pikir di roller, pas di cek di ahaas wahana ternyata dari shock. Dan rata2 masalah PCX ya di shock yg bunyi ini. Salah satunya cara ya ganti shock

    • wah ga tw deh… jujur, matic2 baru pernah nyoba mio,beat,skywave,xeon,scoopy,spacy….. eh sama vespa gs150 deng…
      pcx ini gambot, dengan stang lebar dan tinggi… benson, kayanya mirip2 vespa ya…

    • harga baru tetap stabil.. jakarta Rp.32.050.000 dan bandung Rp.31.950.000… sisanya ane ga tau menahu..
      untuk second.. kisaran 27-29 juta boss.. tergantung negonya aja.. 🙂

      • Bro…salam Wan har….mo nanya, klo Pake spin, berarti beli 2 shock,y?..Tingginya sama gak seperti sok pcx…atau Pcx jd ledih Low?..agak keras atau sama rasanya ma sock standar Pcx…
        Bro di milis Poker dikatakan kalu pake shock Skywave agak beda dan harus diakali yg mana,ya tuh… Tanx loo Brooo

        • salam one heart 😀
          iya beli 2 shocknya.. duh, ane kurang paham tinggi rendahnya, shock ane masi orisinil.. pengakuan temen sih biasa aja, lebih keras.
          nah, klo yg diakalin itu, nambah ring bro 🙂

  4. roller plus rumah2 nya pake merk apa bro, mahar nya nyampe brapa ya, kalo cuman diganti roller doang cukup ngaruh ke akselerasi + geter2 nya tidak ya. kalau J costa masih tinggi ya

    • ane sekarang make J.costa bang boss, mahar.. 2jtan euy. klo cuma ganti roller yg lebih ringan, tarikan kenceng tapi topspeed memble. roller yg lebih berat ya sebaliknya. masalah geter, rumah bawaan pcx gampang kotor. jadi klo rumahnya ga diganti ya tetep geter2 aserehe deh.. hehehe

    • wah ane blm pernah nyobain tu yg 150.. blm kenal juga org2 yg punya…
      dari pengamatan sekilas sih… fueltank turun dari 6,2lt ke 5,9lt.. dengan cc mesin yg meningkat.. mungkin jadi lebih sering isi bensin.
      yg 125cc klaim pabrik bisa 50km/lt.. yg 150cc klaimnya 46km/lt [CMIIW].
      keluhan getaran n bunyi grok2 di pcx125.. kt mekanik ditemui jg di pcx150..
      yg lainnya, kayanya peningkatan deh, ground clearance naik.. cc makin joss, ada esp lagi.. jadi minim gesekan, ktnya bikin tambah joss juga 😀

  5. Kalo masalah service gimana mas bro, soalnya domisili gw rada terpencil,, apa dengan teknologi yg ada nggak ngerepotin untuk service nya…?

  6. Bro, mohon masukannys, lebih reliable mana antara Piagio lx 150 dgn Honda Pcx ? Untuk jalanan jakarta yg muaaaccceeerrreet kaya gini…. Thanks Bro

  7. 6. indent 3 bulan.. ini sih, ga tw bilang.. coz, ga semua inden.. ada yng ready stock, ada yng nunggu seminggu, sebulan, beda2 deh.. ane sih, pesennya jumat, senin dateng 😛
    tapi khusus untuk yang berdomisili di Jakarta dan Bandung, mungkin rekan ane bisa bantu untuk mempercepat inden..<<—- tolong bantuannya Om kalo berkenan 🙂 saya udah inden dari november 2012, katanya januari dateng, ditunggu-tunggu kaga dateng-dateng. terima kasih banyak

  8. pakai pcx kalau aki tekor tidak bisa ngidupin bro …. harus cas atau ganti aki ke bengkel … adakah cara ngidupin pcx yang akinya tekor sa’at darurat ? .. mohon pencerahannya bro

  9. Salam PCX,
    Saya punya thn 2011, Km 9500. kemarin saya bongkar semua fairing dan cover2nya untuk perawatan dan dibersihkan, sekalian mengganti lampu rem belakang. pas tiba bagian setang saya gak ngerti gimana cara membukanya, karena headlampnya juga perlu diganti bohlamnya.. Barangkali ada yang bisa kasih masukan dan bagaimana cara bongkarnya?
    Makasih sebelumnya…..

  10. Pingback: Cara berkendara yang bisa mengurangi resiko bodi motor mentok polisi tidur | Mengupas soal motor

  11. Bos, ane mau tanya, ane baru 1 bulan beli PCX, nah awalnya shock depan enak bgdh, tapi baru 2 minggu, ada bunyi balik “tak” pdahal kecepatan 30 km/jm,
    Minta tolong infonya ya bos,?
    soalnya udah dibawa ke Ahass nya tapi belum beres juga,
    Kira2 solusimya apa ya?
    Udh syg sm pica soalnya nih,,

Leave a reply to sibeng Cancel reply